Month: February 2006

Piracy = pembajakan.

Akhir2 ini, selalu ketika gw lagi berburu film DVD ‘bajakan’, selalu gagal. Pernah 2 hari bolak-balik Bogor-MangDu, nihil, alias pulang tanpa hasil.. What’s wrong kah? Ternyata di salah satu Forum terbesar di Indo(kaskus) di bahas. Ternyata Bandar DVD-nya di razia polisi (lagi?). Wah.. berarti setorannya macet nih.. buktinya yg nJual cd games ama sopwer PC aman2 aja. Sampe2 para penjual DVD ngobralin dagangannya, Rp 3.000/keping nya, biasanya sembunyi gitu, kayak di Wartel, ato di toko2 kecil.. Ternyata ‘Piracy’ udah mendarah daging.. Lagian sih.. nJual cd/dvd orisinil mahal2 banget.. coba nJual nya jangan mahal2, kan penduduk Indo kan melimpah ruah.. pasti ‘Piracy’ bisa di minimalisasi, klo perlu, bahkan bisa lenyap. Laba pun didapat.

Eniwei, Di luar sono masih pada demen2 nyari berita tentang Gambar Karikatur Nabi (di Refferal Blog ku masih banyak yg minta bantuan Goooooogle buat nyariin), trus lagi hangat2-nya Web-nya pak SBY, dengan domain .info -nya.

BTT, ‘Piracy’ bisa terjadi dimana2. Contoh, e-book yg di-reprint semacam The DaVinci Code nya Dan Brown, Buku2 terbitan Gramedia yg di-reprint juga, sampe sampulnya mirip banget.. ternyata sampul nya di-Scan, trus diprint lagi, gw penah nemuin buku2 ‘Piracy’ gitu yang sampul nya klo diteliti, berupa image yg diprint, termasuk tulisan pengarang ato judul (Kliatan Jagging pixel nya). Media2 Optik pun tidak kalah gampangnya. Sopware ato game PC pun setali tiga uang, bisa aja tuh cracker njebol Limitnya. Sampe Dosen ku ada yg pinter nge-remove time limit di game2 punya GameHouse, kyk Zuma Deluxe dkk. pokoknya yg berbasis Time Limit.

Content Web? walah tambah gampang lagi.. tinggal select aja. Gak bisa select? tinggal liat source nya, select dari situ aja, gak bisa liat source-nya, save as page aja..

Eit, tunggu dulu.. kalo ada yg iseng seperti ini gimana ya? contoh Lirik lagunya Ari Wibowo – Madu dan Racun, coba select All, ato view Source – Select, klo perlu Save As aja sekalian. Solusinya? Masa iya di PrintScreen? ato harus ngetik sendiri sambil nyontek? Huehuehuehue.. pasti bakal mikir 2 kali buat kopi-paste.. jalan satu2 nya tinggal di Link, jadi tetep saja bukan pembajakan namanya, karena menyertakan Authornya. Yup seperti Kampanye Moralnya Pak Jaf, untuk tidak sekedar kopi paste..

OOT yah, kalo yg berikut ini pembajakan ato bukan yah?

‘Another Incredidible Origami Arts’
buddhad1.jpg turb1.jpg ken2.jpg aqua1.jpg air11.jpg

(All images are Courtessy of Hojyo Takashi )

Antara Pertamax dan kartu As

Awal Oktober tahun lalu, harga BBM kita sedang naik. Premium dari Rp 2.700 jadi Rp 4.500. Pertamax (premix) tetep, Rp 5.500 (naik sejak pertengahan 2005, klo g salah). Jadi saya malah beralih menggunakan Pertamax untuk motor ku. Aneh kan.. tapi pada kenyataannya, konsumsi pertamax justru meningkat setelah Oktober 2005 lalu. Teman2 ku pada migrasi ke Pertamax. karena selisih harga cuman 1000 rupiah, tapi selisih Oktan cukup jauh.. premium yg rata2 punya nilai oktan 92, sedangkan pertamax rata2 punya nilai 94. Memang kalo sekilas dilihat, gak begitu banyak bedanya. Tapi nilai oktan ini pertambahannya setiap 0,1. Pertamax Plus lebih joss lagi, dengan nilai oktan hampir mendekati 99, dengan selisih harga Rp 1.200 dari premium. penggunaan bahan bakar ber-oktan tinggi tentu menguntungkan. Disamping tenaga yang dihasilkan bertambah, konsumsi bahan bakar pun irit, karena pembakaran di lakukan dengan sempurna di setiap tetesnya. Cuman, untuk Pertamax Plus masih jarang ditemukan, apalagi di luar kota.
Awal Januari lalu, harga Pertamax dan Pertamax Plus sempat turun, dari Rp 5.500 jadi Rp 5.000 untuk Pertamax. dan Rp 5.700 jadi Rp 5.200 untuk Pertamax Plus, Giranglah daku..

Tetapi, sore tadi pas mau ngisi bensin di SPBU depan RS Azra, Bogor, Aku kaget.. perasaan kok harganya beda.. tertera Rp 5.300, padahal seingatku Rp 5.000. Ku tanya penjaganya, ternyata mulai 1 Februari 2006 harga bensin non premium naik, Pertamax Plus naik dari Rp 5.200 jadi Rp 5.400. Oh, tidak.. apa harus betul2 pindah ke Pertamax Plus nih? Bedanya cuman seratus perak cing.. tapi nyarinya jauh..

Kemudian, sore tadi juga, dapet kabar Kalo Kartu As udah bisa transfer pulsa.. cuman minimal harus Rp 10.000, dan saldo sisa minimal Rp 25.000… Ho..ho..ho.. jadi pulsa bisa minta di kirimin nih.. trus sisanya buat beli Pertamax Plus.. :p

Karikatur Nabi Muhammad SAW?

Ukh.. Playboy belum beres.. dateng lagi media yang memancing reaksi keras Kaum Muslim, bahkan di seluruh dunia. September tahun lalu, sebuah surat kabar Denmark, Jyllands-Posten memuat tidak kurang dari 12 karikatur Nabi Muhammad SAW. kemudian awal tahun ini, kembali harian Norwegia dan Prancis memuat beberapa gambar tersebut.. Akhirnya negara2 muslim memboikot seluruh produk dari negeri tersebut, terutama Denmark. Di Arab Saudi, pada sebuah toko, di stand yg menjual keju, ditempeli tulisan: “Tidak menjual produk Denmark”. Di Libya, Dubes Denmark ditutup. Di Palestina, masyarakat turun ke jalan untuk berdemo, sambil membawa senjata api, mereka membakar dan menginjak2 bendera Denmark.

Harian Denmark itu pun telah secara resmi meminta maaf kepada dunia, umat Muslim khususnya. Pemerintah Denmark telah didesak untuk memberi hukuman yang tegas.. Tapi pemerintah Denmark tidak dapat berbuat banyak, selain menyuruh meminta maaf secara resmi, dan menarik gambar-gambar tersebut dari pasaran. Alasannya, kebebasan berpendapat. Diantara gambar tersebut, ada karikatur Nabi yang memakai surban yang berupa bom, dan di tulisi ‘Muhammed’. Dan memperlihatkan Nabi sebagai seorang Badui yang sedang menghunus pedang, dan ditemani 2 orang wanita berbusana hitam-hitam.

Jelas ini memicu amarah kaum Muslim di dunia. Bagaimana tidak, dalam film saja tidak boleh menggunakan aktor untuk memerankan Nabi Muhammad SAW, ini malah digambar, nyindir lagi gambarnya..

Dari 12 gambar, baru saya temukan 3 gambar. Kbanyakan udah pada d tutup [site may be temporary down]. Antara lain, [–sorry this link has been removed by owner–] (*Eh, tapi beneran kayak gitu gak ya karikaturnya? apa malah editan orang laen? tauk ah.. Kalo ada yang nemu, trackback yah..*)

*Edit : maaf, link diatas sudah tidak berfungsi lagi. selanjutnya, klik link berikut: [–Removed by me–]. Terima kasih*

*Edit lagi : Maaf, melihat beberapa waktu lalu harian di Yordania (klo gak salah) d usut oleh kepolisian, karena mempublikasikan kembali 12 gambar tersebut. Maka dengan ini saya menyatakan, tidak lagi mempublikasikan karikatur Nabi besar umat Islam, Muhammad SAW, yang sama sekali tidak layak dibuat. Sekali lagi saya mohon ma’af, tolong bantulah kami umat Muslim menghadapi cobaan ini.*